Selasa, 14 Juli 2009

LAPORAN PRAKTIKUM MODUL 6,7 DAN 8 MEMBANGUN WEB SERVER DI UBUNTU SERVER EDITION

LAPORAN PRAKTIKUM MODUL 6,7 DAN 8 MEMBANGUN WEB SERVER DI UBUNTU SERVER EDITION



Install Ubuntu Server

Letakkan disk dalam drive, dan boot dari CD. Dalam sebagian besar komputer modern, hal ini akan terjadi secara default jika disk dalam drive bila anda menyalakannya. Jika tidak, maka anda perlu menekan tombol pada keyboard kanan ketika anda menyalakannya. My laptop, it's F12, dan untuk server saya, it's F2. Ini tergantung pada komputer Anda. Anda dapat menemukannya dengan melihat teks pada layar kanan ketika anda menghidupkan komputer pada saat BIOS. Anda akan melihat sesuatu seperti "Tekan [KUNCI] untuk mengubah urutan boot". Tekan tombol itu, dan memilih drive CD anda.

1. Sekarang Anda telah Booted atas Ubuntu, Anda akan melihat kotak dialog mengenai bahasa yang akan di pilih
2. Pilih bahasa Anda, dan tekan enter.
3. Pilih "Install Ubuntu Server", dan kita beranjak ke langkah berikutnya!

Installer akan menanyakan apakah anda menginginkannya untuk mendeteksi layout keyboard Anda. Secara pribadi, saya selalu memilih tidak, karena lebih cepat untuk memilih standard american keyboard dari daftar selain memiliki installer mendeteksi itu. Salah satu pilihan yang baik, cukup ikuti petunjuk pada layar.

Setelah itu selesai, Anda akan melihat layar loading bunch dari berkata hal-hal seperti "Mendeteksi drive CD-ROM" dan semacamnya. Ini harus lulus dengan cepat dan tanpa masalah. Namun, saat ini layar, installer akan secara otomatis mencoba untuk mengkonfigurasi pengaturan jaringan. Untuk sebagian besar kasus, ini akan bekerja tanpa keluhan. Namun, jika tidak bekerja untuk Anda, cukup ikuti petunjuk pada layar untuk mendapatkannya bekerja.

Setelah selesai dengan semua itu, ia akan meminta Anda untuk sebuah nama host. Anda biasanya dapat mengatur hal ini kepada sesuatu; saya selalu saya set ke "web-server".

Sistem akan sekarang Anda ingin untuk menetapkan zona waktu untuk jam. Bagi saya, it's Pasifik. Pilih salah satu yang berlaku untuk Anda.

Sekarang, sistem akan mendeteksi lebih keras, dan Anda akan diminta untuk "partion disk (s)". Pilih "Dipandu - menggunakan seluruh disk".
Anda sekarang akan perlu untuk memilih disk yang ingin Anda partisi. Bagi kebanyakan konfigurasi, hanya satu disk akan tersedia, namun untuk lebih khusus, sistem pilihan akan tersedia di sini. Pilih salah satu yang berlaku untuk Anda.
Akan menanyakan apakah anda ingin menulis perubahan ke disk. Pilih "Ya" dan tekan enter. Installer akan melanjutkan ke format drive dan mengatur partisi.

Sekarang keajaiban terjadi. Sistem akan mulai menginstal. Meskipun hal ini terjadi, pergi mendapatkan secangkir kopi. Hal ini dapat dilakukan di mana saja dari 10 menit untuk satu jam. Hanya tergantung pada sistem anda. Mungkin ada waktu yang kelihatannya seperti itu dibekukan jangan khawatir, tidak. Just let it do it's thing. Namun, jika dari terjebak pada satu hal yang selama satu jam ke atas, maka ya, itu dibekukan.

Sekarang setelah sistem terinstal, perlu mengatur account yang akan login dengan. Pertama, berikan nama lengkap Anda dan tekan "Lanjutkan".
Sekarang beri nama pengguna Anda. Biasanya hanya akan ditetapkan sebagai nama pertama Anda, tetapi Anda dapat mengubahnya. Satu nama yang tidak boleh digunakan adalah "root".

Anda akan diminta untuk memberikan password. PENTING itu yang Anda pilih password yang kuat, atau server anda aman tidak akan sama sekali. Saya sarankan setidaknya campuran angka, huruf, huruf besar dan huruf. Namun, untuk server saya menggunakan simbol, serta campuran di atas. JANGAN menggunakan password kurang dari 7 karakter.

Lalu, masukkan kembali sandi Anda untuk memverifikasi bahwa anda mengetik dengan benar.

Sistem sekarang akan mencoba untuk mengkonfigurasikan "Package Manager" (kita akan mendapatkan apa yang segera). Dengan memberikan informasi proxy anda, atau biarkan kosong itu jika anda tidak menggunakan proxy, dan pilih "Lanjutkan".

Sistem sekarang akan memindai beberapa server mencari pembaruan dan konfigurasi.
Setelah itu selesai, Anda akan disajikan dengan beberapa pilihan untuk menginstal perangkat lunak server. Sekarang, mendengarkan SANGAT hati-hati. Pilih OpenSSH server, lalu tekan SPACE, TIDAK ENTER. Jika anda tekan enter, maka akan melanjutkan tanpa menginstal menginstal OpenSSH server. Anda dapat memasang "LAMP server" juga, tapi saya tidak punya pengalaman dengan opsi ini, jadi kita akan menginstalnya dengan perintah yang berbeda nanti.

Sistem sekarang akan menginstal perangkat lunak yang Anda pilih, serta komponen sistem lainnya.

Akhirnya, instal akan selesai. Keluarkan CD, lalu tekan enter. Komputer akan reboot. Jika semuanya berjalan dengan baik, anda akan dihadapkan dengan layar yang terlihat mirip dengan berikut ini:




Selamat! Anda baru saja selesai bagian yang paling sulit. Ubuntu sekarang terinstal, dan itu adalah waktu untuk mematikan komputer ini ke web server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar